Teman

Senin, 15 Juli 2013

Rendang makanan terenak didunia

Mungkin kita telah mendengar bahwa rendang masuk dalam daftar makanan ter enak di dunia. mereka menyebutnya Currie Beef. makanan ini sejatinya merupakan makanan khas rumpun melayu  tak heran jika di Negara Malaysia juga banyak terdapat masakan ini mungkin dengan jenis yang berbeda. dahulu kala orang minang kabau lebih menyukai memasak rendang menggunakan daging lembu karena lebih nikmat.
Konon keberadaan rendang sudah ada sejak tahun 1550 hal ini diperkuat dengan disebutkanya rendang pada Hikayat amir hamzah. memasak rendang memang perlu kesabaran ekstra karena untuk menghasilkan rendang yang benar-benar istimewa diperlukan waktu yang lumayan lama. daging sapi yang sudah dibumbui dan diberi santan akan dimasak hingga santan habis dan daging berasa empuk, dan menghasikan daging sapi yang kesat bahkan bisa terpotong dengan sendirinya hanya dengan ditekan dengan jari.
Salah satu maestro masakan Indonesia yaitu Wiliam Wongso telah membawa masakan ini sampai ke mancanegara. banyak festival kuliner international telah membuat rendang semakin terkenal hingga dinobatkan sebagai salah satu makanan ter enak di dunia. tidak hanya itu rendang juga sudah memasuki pasar ekspor salah satu pembuat rendang di daerah bekasi bahkan mengemas rendang agar lebih mudah di ekspor ke belanda. yang menarik dari rendang ini adalah cara memasaknya masih menggunakan kayu bakar sehingga daging akan benar-banar matang dan tanak sehingga akan lebih awet jika di ekspor ke luar negeri, tentu aroma yang dihasilkan lebih khas lebih wangi.
Orang minangkabau sendiri biasanya memakan rendang dengan menggunkan nasi putih hangat atau menggunakan ketupat. tetapi orang melayu biasa memakan rendang dengan pulut kunyit yaitu ketan yang dikukus dan diberi warna kuning menggunakan kunyit. menarik bukan kita juga harus bangga karena masakan khas Indonesia dinobatkan sebagai salah satu makanan ter enak di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar